Jumat, 16 Maret 2012

Al-Qur'an

1. Apakah Al-Qur'an itu?
   Al-Qur'an secara bahasa berarti "bacaan". Al-Qur'an menurut istilah adalah kalam atau firman Allah berupa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, yang membacanya termasuk ibadah.
2. Benarkah Al-Qur'an itu wahyu Allah?
    Beberapa bukti bahwa Al-Qur'an adalah wahyu Allah sebagai berikut :
a) Al-Qur'an, baik isi maupun keindahan bahasanya tidak dapat ditiru oleh siapa pun, apalagi dikalahkan. Hingga sekarang tak ada seorang pun yang mampu menandingi Al-Qur'an. Dengan demikian, ucapan orang-orang yang tidak suka dengan Islam yang mengatakan bahwa Al-Qur'an itu buatan Nabi Muhammad SAW jelas-jelas tidak dapat dibenarkan.
b) Al-Qur'an menjelaskan beberapa ramalan tentang peristiwa-peristiwa yang belum terjadi, tetapi kemudian ramalan itu benar-benar terbukti. Misalnya, ramalan Al-Qur'an tentang kemenangan akhir Romawi dalam peperangannya melawan Persia.
c) Dalam Al-Qur'an, banyak terdapat ayat-ayat yang bernuansa ilmiah, yaitu ayat-ayat yang mengandung keterangan-keterangan tentang ilmu pengetahuan. Keterangan-keterangan itu ternyata tidak menyimpang dengan ilmu pengetahuan kontemporer. Misalnya : tentang tiga tahapan bayi dalam rahim, orang yang sesak dada ketika naik ke angkasa, asal kejadian manusia, dan sebagainya.
3. Berapa lama Al-Qur'an diturunkan?
   Al-Qur'an diturunkan dengan berangsur-angsur selama 22 tahun 2 bulan 22 hari. Hal itu mengandung hikmah dan muatan pendidikan yang luar biasa. Misalnya: Al-Qur'an mudah dimengerti, dihafal, dan mudah dilaksanakan. Selain itu, beberapa ayat diturunkan sebagai reaksi atau jawaban atas masalah yang sedang dihadapi Nabi Muhammad SAW dan umat Islam pada waktu itu.
4. Untuk apa Al-Qur'an diturunkan bagi umat Islam?
    Al-Qur'an sebagi kitab suci umat Islam begitu terjaga kemurniannya dan ia menjadi pegangan atau pedoman hidup umat Islam. Tidak ada seorang pun yang mampu mengubah Al-Qur'an, walau hanya satu huruf atau satu harakat. Allah sendiri menjamin kemurnian itu seperti firman-Nya:
''Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.'' (Q.S. Al-Hijr, 15: 9)
      Bagi umat Islam Al-Qur'an bukan sekadar bacaan yang mendatangkan pahala, tetapi lebih dari itu adalah pedoman hidup yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkan Al-Qur'an, kita akan memperoleh kehidupan yan bahagia di dunia maupun di akhirat.


mau download artikel diatas?
download disini
    

0 komentar:

Posting Komentar